Alex Janji Atasi Kemacetan


KPU DKI Akan Verifikasi Keabsahan Kepengurusan PDS

KOMPAS/HERU SRI KUMORO

Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta, Alex Noerdin-Nono Sampono, mendaftarkan diri ke kantor KPU DKI Jakarta, Minggu (18/3). Pasangan ini diusung Partai Golkar, PPP, dan PDS.

jakarta, kompas – Alex Noerdin dan Nono Sampono secara resmi mendaftarkan diri sebagai pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta, Minggu (18/3), di kantor Komisi Pemilihan Umum DKI Jakarta. Keduanya berjanji akan membebaskan Jakarta dari banjir dan macet jika terpilih.

Alex dan Nono tiba di KPU DKI Jakarta sekitar pukul 11.00 diiringi elemen-elemen partai pendukung. Pasangan ini didukung Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Damai Sejahtera (PDS).

Surat pernyataan dukungan ditandatangani Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Golkar Prya Ramadhani, Ketua DPW PPP Lulung Abraham Lunggana, dan Ketua DPW PDS Gideon Mamahit.

”Saya dan Saudara Nono maju sebagai calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta. Kami siap menyampaikan berkas,” ujar Alex.

Pasangan Alex-Nono merupakan pasangan ketiga yang mendaftar sebagai calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta setelah pasangan dari jalur perseorangan, yaitu Faisal Basri-Biem Benjamin dan Hendardji Soepandji-Achmad Riza Patria.

Alex-Nono menjadi pasangan yang pertama mendaftar dari jalur partai atau koalisi partai.

Tepis perpecahan

Isu perpecahan sempat menerpa koalisi tiga partai yang mengusung Alex-Nono. Sempat beredar kabar bahwa PDS dan PPP beralih mendukung calon lain, yaitu Fauzi Bowo. Namun, isu itu ditepis.

Gideon Mamahit menegaskan, semua elemen partainya mendukung Alex-Nono. Kendati demikian, dia mengakui, ada perbedaan pendapat di tubuh partainya.

KPU DKI akan verifikasi

Jamaluddin F Hasyim, Ketua Kelompok Kerja Pencalonan KPU DKI Jakarta, mengatakan, para partai pendukung harus menandatangani surat bahwa mereka tidak akan menarik dukungan. Namun, KPU tidak akan gegabah dalam memverifikasi para calon.

”Untuk mengetahui kepeminpinan yang sah di PDS, pihaknya akan melakukan verifikasi ke Kementerian Hukum dan HAM. Akan kami lihat mana yang legal. Konon bukan hanya DPP-nya saja yang digugat, tapi DPW-nya juga. Kami tidak akan gegabah,” ungkapnya.

Menurut Jamaluddin, jika DPW PDS DKI Jakarta yang mengusung Alex-Nono bukan yang sah, Golkar dan PPP harus mencari partai koalisi lain karena belum memenuhi persyaratan, yaitu minimun memiliki 15 kursi di DPRD DKI Jakarta.

”Kalau tiga partai ini sudah mencukupi, jumlahnya 18 kursi. Tapi, kalau tanpa PDS masih harus mencari partai koalisi lagi karena Golkar 7 kursi dan PPP 7 kursi,” paparnya.

Bebaskan biaya sekolah

Terkait dengan program kerjanya, selain berjanji mengatasi kemacetan, Alex juga berjanji akan membebaskan Jakarta dari persoalan klasik, yaitu banjir.

”Dalam tiga tahun, program kami Jakarta bebas macet dan banjir. Jika tidak, kami mundur,” ujar Alex.

Alex juga memprogramkan bebas biaya sekolah dari tingkat SD, SMP, hingga SMA seperti yang pernah dia jalankan sebagai Gubernur Sumatera Selatan. Tak hanya itu, bebas biaya berobat pun menjadi program pasangan ini.

Program lain adalah pemulihan keamanan Jakarta dalam waktu satu tahun sehingga Ibu Kota aman dan nyaman.

Rekening kampanye

Sementara itu, Jamaluddin mengatakan, dari tiga pasangan calon gubernur dan wakil gubernur yang telah mendaftar, berkas ketiganya masih belum lengkap. ”Semuanya belum mempunyai rekening kampanye,” katanya.

Rekening kampanye ini merupakan keharusan karena semua dana kampanye yang digunakan para calon harus diaudit. Donatur para calon harus menyetorkan uangnya ke rekening ini. Donatur perseorangan hanya boleh menyumbang maksimal Rp 50 juta, sedangkan badan usaha maksimal Rp 350 juta. ”Semua rekening ini akan diaudit akuntan publik independen,” ujar Jamaluddin. (FRO/ARN)

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: