Guterres Unggul Sementara


Pemilu Diyakini Berlangsung Dua Putaran

Getty Images/Paula Bronstein

Warga Timor Leste mengikuti misa Minggu (18/3) pagi di Dili sambil menunggu hasil penghitungan suara pemilihan presiden yang digelar sehari sebelumnya. Setelah lebih dari separuh suara yang masuk dihitung, kandidat Partai Fretilin yang beroposisi, Francisco Lu Olo Guterres, memimpin pemungutan suara, diikuti mantan pemimpin militer Taur Matan Ruak, dan presiden petahana, Jose Ramos Horta di urutan ketiga. Jika pemenang tidak mencapai 50 persen suara, dua kandidat peraih suara terbanyak mengikuti putaran kedua.

DILI, MINGGU – Hasil penghitungan perolehan suara sementara dalam pemilihan umum presiden Timor Leste, Minggu (18/3), menunjukkan keunggulan di kubu partai oposisi, Partai Fretilin. Kandidatnya, Francisco ”Lu Olo” Guterres, sukses meraup 27,28 persen dari total suara.

Perolehan suara terbanyak kedua diperoleh mantan kepala angkatan bersenjata yang juga mantan pemimpin perang gerilya, Jose Maria de Vasconcelos. Pria yang lebih dikenal dengan nama Taur Matan Ruak ini mengumpulkan 24,17 persen suara.

Nasib tak terlalu beruntung dialami pejabat petahana, Presiden Ramos Horta. Untuk sementara, Horta berada di urutan ketiga dengan total dukungan suara 19,43 persen.

Dalam pemilihan presiden pertama Timor Leste tahun 2007, pemenang Hadiah Nobel Perdamaian tahun 1996 itu mengungguli Guterres pada putaran kedua.

Komisi Pemilihan Umum Timor Leste mengabarkan, hasil sementara itu diperoleh setelah menghitung 411.353 surat suara. Jumlah itu mencapai 65 persen dari total jumlah surat suara.

Proses penghitungan suara itu ditayangkan langsung lewat jaringan stasiun radio dan televisi pemerintah (RTTL). Diperkirakan, proses penghitungan suara di tingkat provinsi akan rampung dan bisa diumumkan Senin ini.

Sesuai aturan, dua kandidat yang memperoleh perolehan suara terbanyak akan maju ke putaran kedua. Putaran kedua itu rencananya digelar pada pertengahan April mendatang.

Pemilu bisa berlangsung satu putaran jika ada kandidat yang mengantongi lebih dari 50 persen total suara. Namun, menurut Ermenegildo Lopes, pemimpin Bloku Ploklamador, hal itu sulit terjadi mengingat ada 12 kandidat yang mengikuti pemilihan presiden Sabtu lalu.

Bloku Proklamador adalah aliansi politik proreformasi di Timor Leste. Dalam pemilu legislatif terakhir, mereka merebut lima kursi dari total 65 kursi di parlemen negeri itu.

”Sulit bagi kandidat mana pun untuk bisa berhasil menang hanya dalam satu putaran saja. Dengan 12 kandidat, sulit bagi setiap kandidat untuk bisa meraup lebih dari separuh suara yang ada,” ujar Lopes.

Sepekan

Proses penghitungan suara di seluruh negeri diperkirakan baru tuntas setidaknya sepekan mendatang. Saat itu hasil final penghitungan suara sekaligus pemenang pemilu putaran pertama sudah bisa diumumkan secara resmi.

Kendala utama dalam proses penghitungan suara adalah penghitungan terpaksa dilakukan secara manual, satu per satu surat suara. Hal itu terutama terjadi di wilayah terpencil, di mana keterbatasan sarana telekomunikasi menjadi masalah besar.

Namun begitu, salah seorang kandidat berpengaruh, Taur Matan Ruak, memaparkan, apa pun hasilnya kemenangan akan tetap berada di tangan rakyat negeri itu.

”Proses penghitungan suara masih terus berjalan. Apa pun hasilnya, hal itu adalah kemenangan rakyat. Saya ucapkan selamat kepada semua rakyat karena sukses menggelar sebuah pemilu sipil,” ujar Ruak.

Pemilihan presiden ini berlangsung dua bulan sebelum Timor Leste memperingati 10 tahun kemerdekaannya di bulan Mei. Setelah lepas dari Indonesia tahun 1999, negeri itu berada di bawah pemerintahan Perserikatan Bangsa-Bangsa selama tiga tahun.

Pemilihan umum presiden pada Sabtu kemarin itu digelar di tengah kondisi Timor Leste yang masih labil. Pada tahun 2006 sebuah kekacauan berdarah nyaris memicu kembali perang saudara di sana.

(REUTERS/AFP/DWA)

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: