Posisi di Parpol Menjadi Modal

 

Jakarta, Kompas – Posisi di partai politik menjadi modal penting untuk bertarung di Pemilu Presiden 2014. Calon di luar partai politik, untuk dapat menjadi calon presiden, harus memiliki sumber daya yang besar dan akses ke media massa.

”Popularitas dan kompetensi jadi modal utama menjadi calon presiden di era pemilihan langsung. Dengan memegang posisi penting di partai politik, seseorang akan mudah memperoleh kendaraan politik, mendapatkan basis pemilih, dan diuji kemampuannya dalam mengelola organisasi besar. Negara pada dasarnya juga organisasi besar,” kata M Qodari dari Indo Barometer di Jakarta, Minggu (17/6).

Pentingnya posisi di parpol untuk memperoleh dukungan guna menjadi calon presiden, lanjut Qodari, antara lain terlihat dari fenomena Aburizal Bakrie. Semenjak menjadi Ketua Umum Partai Golkar dan aktif menyapa masyarakat, dukungan yang ia peroleh untuk menjadi calon presiden terus meningkat.

Dari survei

Lingkaran Survei Indonesia pada 2-11 Juni 2012, ada tiga besar calon presiden 2014, yakni Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri (18,3 persen), Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Prabowo Subianto (18 persen), dan Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie (17,5 persen). Calon lainnya adalah Ketua Umum Partai Amanat Nasional Hatta Rajasa (6,8 persen) dan Ani Yudhoyono (6,5 persen).

Secara terpisah, Ketua Umum Partai Damai Sejahtera Denny Tewu mengatakan, sudah saatnya melirik pemimpin daerah tampil menjadi pemimpin bangsa. Banyak pemimpin daerah berkualitas yang memiliki kemampuan manajerial untuk dikedepankan menjadi pemimpin nasional.

Bendahara DPP PAN Yasti Soeprejo Mokoagouw berpendapat sama. Bahkan, di dalam internal partai berkembang wacana merekrut calon wakil presiden dari pemimpin daerah.

Selama ini, calon pemimpin nasional hanya berkutat nama-nama pemimpin parpol di Jakarta. Sekali waktu beri kesempatan orang daerah untuk maju. (NWO/ZAL)

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: