AWAS . . . ! CALO SURGA BERKELIARAN DI MANA-MANA

srg

abdidharma

Jika anda sering bepergian ke luar kota dengan naik bus antar kota, tentu anda pernah berurusan dengan para calo yang menawarkan kemudahan untuk mendapatkan tiket bus dengan lebih mudah tapi dengan harga lebih mahal dari pada harga resmi. Calo jenis ini tergolong cukup ganas karena suka memaksa atau mirip penodong di dalam menawarkan jasanya.

Demikian juga jika anda pergi ke stasiun kereta api untuk mudik, anda juga akan dihampiri oleh para calo yang menawarkan kemudahan dalam memperoleh tiket, dengan syarat anda bersedia membeli tiket tsb dengan harga yang lebih mahal dari pada harga resmi.

Ada lagi calo keberadaannya sangat ironis karena mereka menjalankan pekerjaan yang tergolong illegal ini di kantor polisi, khususnya pada bagian pelayanan pembuatan / perpanjangan SIM / STNK. Lebih ironis lagi kalau yang menjadi calo tsb adalah para polisi yang bekerja di kantor polisi tsb. Mereka menawarkan kemudahan dalam memperoleh SIM / STNK dengan cara ;lebih mudah, tapi dengan biaya yang lebih mahal daripada biaya resmi. Semoga saja sekarang ini calo-calo di kantor polisi tsb sudah tidak ada lagi.

Prinsip kerja para calo di mana saja kurang lebih sama, yaitu menawarkan kemudahan dalam memperoleh sesuatu dengan syarat tertentu yang biasanya dalam bentuk biaya yang lebih mahal dari pada biaya resmi.

Di satu sisi semua orang sepakat bahwa tindakan para calo adalah ilegal dan harus di berantas apalagi para calo yang berkeliaran di kantor polisi. Akan tetapi di sisi lain banyak juga orang merasakan jasa calo tsb cukup bermanfaat daripada harus bercapai lelah mengurus keperluan sendiri dengan biaya yang nantinya juga tidak jauh berbeda dengan biaya resmi. Hal ini terutama dirasakan oleh mereka yang sedang mengurus pembuatan SIM untuk pertama kali.

HATI-HATI DENGAN CALO SURGA

Sekarang ini tampaknya kita semua harus aangat berhati-hati, karena telah muncul jenis calo yang amat sangat berbahaya sekali. Calo yang saya maksud adalah calo surga. Prinsip kerjanya kurang lebih sama dengan para calo lainnya yaitu menawarkan kemudahan. Apa yang mereka tawarkan sungguh sangat fantastis yaitu kemudahan bahkan jaminan masuk surga.

Seperti jenis calo lainnya, untuk memperoleh jaminan masuk surga, korban calo ini juga harus memenuhi persyaratan yang antara lain adalah bergabung dan bersedia mengikuti ajaran mereka. Setelah mengikuti ajaran mereka maka para korban calo surga ini harus melaksanakan ajaran-ajaran yang telah mereka terima dengan sangat patuh.

Pengaruh dari ajaran para calo surga ini antara lain adalah pemahaman agama yang berbeda dengan apa yang pernah mereka terima sebelumnya di dalam keluarga atau di sekolah, dan ajaran tsb harus diyakinkan sebagai ajaran yang paling benar.

Biasanya setelah menerima ajaran tsb, para korban calo tsb akan mengalami perubahan dalam penampilan dan sikap. Perubahan penampilan biasanya tampak dalam menata wajah dan cara berpakaian. Selain itu perubahan sikap ditampakkan dengan sering berbeda pendapat dengan orang lain dalam masalah agama termasuk dengan keluarga sendiri, di mana perbedaan tsb bermuara pada prinsip bahwa ajaran yang telah mereka terima adalah yang paling benar, dan di sisi lain mereka juga menuding pihak tertentu sebagai golongan kafir yang halal untuk dibunuh. Dalam proses seperti itulah pada umumnya muncul orang-orang yang mau direkrut untuk melakukan tindakan nekad dalam melakukan terror bom bunuh diri.

SASARAN CALO SURGA DAN TINDAKAN PENCEGAHAN

Siapa saja yang telah menjadi korban para calo surga ini dapat dilihat dari sejumlah orang yang telah dengan suka rela mau direkrut untuk menjadi pelaku terror bom bunuh diri. Salah satu TV swasta telah memberitakan bahwa orang yang mau menjadi pelaku bom bunuh diri pada umumnya adalah orang-orang dengan karakteristik sbb:

1.Orang-orang yang berasal dari desa terpencil (yang biasanya masih memiliki watak lugu)

2.Orang-orang yang berpendidikan rendah

3.Orang dari kalangan ekonomi lemah

4.Orang berusia muda atau ABG (menurut berita terakhir salah satu pelaku bom bunuh diri di Hotel JW.Marriott dan Ritz Carlton adalah ABG berusia sekitar 17 tahun)

Karakteristik di atas tentu ada pengecualiannya. MIsalnya Dr.Azhari dan Amrozi Cs, mereka adalah orang-orang yang tingkat pendidikannya tidak tergolong rendah. Jika dilihat dari uraian di atas, tampak jelas bahwa mereka adalah sejumlah orang dengan karakteristik relative sangat mudah untuk dipengaruhi

Melihat orang-orang yang terlibat dalam jaringan teroris dan menjadi pelaku bom bunuh diri ternyata berasal dari berbagai wilayah di Indonesia, maka dapatlah disimpulkan bahwa para calo surga sudah berkeliaran di mana-mana. Mereka sudah melakukan gerakan yang sangat aktif untuk merekrut anggota baru sebagai pelaku bom bunuh diri dengan terlebih dahulu menanamkan keyakinan ajaran mereka sebagai ajaran yang paling benar dan bisa menjamin masuk surga.

Berdasarkan uraian di atas, kita semua harus berhati-hati dan lebih waspada jika pada suatu ketika kita menghadapi orang-orang tertentu yang mengajak kita dan kaum kerabat kita untuk bergabung dengan kelompok tertentu dengan ajaran-ajaran yang cenderung merasa paling benar dan cenderung mengkafirkan kelompok lain dengan disertai ajakan untuk melakukan tindakan kekerasan yang dihalalkan.

Salam dari: Abdi Dharma (Jakarta)

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Tinggalkan komentar